Industrial Visit 2012

Barangkat dari upaya untuk memotivasi mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM agar berkeinginan merintis suatu bentuk wirausaha di sektor kehutanan maka diadakan kegiatan dengan nama “Industrial Visit 2012 : Be An Entrepreneur with Environmental Innovation. Diharapkan mahasiswa dapat memiliki gambaran mengenai kehutanan di luar kampus, dan melalui suatu tahapan tertentu nantinya dapat menciptakan suatu bentuk wirausaha. Selain itu juga diharapkan mampu menambah kepekaan serta ketertarikan dalam pengetahuan seputar bidang kehutanan dan mengejar ketertarikan tersebut dalam bingkai usaha untuk melakukan perbaikan dunia kehutanan yang mencerminkan integritasnya sebagai seorang rimbawan.

Tahun 2012 ini Kunjungan Industri Teknologi Hasil Hutan akan menyusuri Jawa bagaian Timur hingga Pulau Bali. Selain sebagai tempat wisata yang terkenal sampai luar negeri, Bali juga memiliki beberapa industri yang mengolah hasil hutan kayu dan non kayu.  Dalam acara ini kami juga akan didampingi oleh Pak Sigit Sunarta, S.Hut., M.P. dan Pak Vendy Eko P, S.Hut, M.Sc. Beliau adalah ahli dalam bidang hasil hutan non kayu dan kimia, serat kayu. Inilah diskripsi industri atau lokasi yang akan kami kunjungi :

PT. Tjiwi Kimia, Mojokerto

PT. Tjiwi Kimia merupakan salah satu pabrik kertas yang terdapat di Jawa Timur, tepatnya di Mojokerto. Perusahaan ini menarik untuk dikunjungi sebab merupakan pabrik kertas berskala besar. Pengolahan limbah pabrik ini merupakan focus utama kunjungan industri ini. Kegiatan utama Perusahaan ini produksi menulis dan mencetak kertas, coated dan uncoated. Hal ini juga memproduksi dikonversi produk alat tulis dan kantor, termasuk buku, bantalan menulis, lembaran longgar, spiral, amplop, formulir komputer, kertas bungkus kado dan tas belanja. Selain itu, Perusahaan memproduksi kertas karbon dan kertas dilapisi cor dan papan.

Sumber Mas Indah Plywood, Gresik

Perusahaan ini berada di Gresik, JawaTimur dan bergerak dalam bidang industri kayu lapis. Produknya yaitu general plywood, scarf jointed plywood, floor base panel, LVL, LVB, marine plywood, kruing plywood, lumber core& bare core, laminated board, film faced plywood. Dalam kunjungan di perusahaan ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui proses produksi dari bermacam jenis kayu lapis dan pengolahan limbah kayu lapis agar tidak menimbulkan masalah lingkungan.

Budidaya Lak, Probolinggo

Lak merupakan hasil hutan non kayu yang menarik untuk dipelajari. Kunjungan ke pabrik ini adalah untuk mengetahui keadaan lak, pohon inangnya, proses pengolahan lak sebagai salah satu hasil hutan non kayu, serta mengetahui pengolahan limbah pada pabrik lak. Lak di Probolinggo ini juga pernah diekspor ke Eropa.

PT. Mustika Bahana Jaya (Panel), Lumajang

PT. Mustika Bahana Jaya (MBJ) adalah industri kayu yang memiliki spesialisasi dalam mengolah kayu karet (Hevea brasiliensis) dan kayu Pinus merkusii. Macam produknya Finger-Joint Laminated Board (FJLB), Finger Joint Laminated Block, Finger Joint Laminated Profile, Finger Joint Stick, Solid Laminated Board, Solid Laminated Block, Nidan and Sandan, moulded/profiled wood, S4S, dowel, acoustical appliances dan furniture components.

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi, yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi. Satwa yang endemik dan langka di TNBB yaitu burung jalak bali (Leucopsar rothschildi)

Green Village, Bali

Desain utama bangunan Bali ini dari bambu, pemandangan lembah sungai di sepanjang Sungai suci Ayung Bali sangat tampak. Disini kita akan melihat berbagai inovasi olahan hasil hutan non kayu dan tata ruang desa nan unik.

Bedugul, Bali

Bedugul adalah objek wisata bali yang terletak di perbukitan dengan cuaca yang sangat sejuk dimana di bedugul juga terdapat sebuah danau yang bernama danau beratan. Di Objek wisata Bedugul terdapat sebuah pura yang bernama pura di ulun danu yang terletak di pinggir danau beratan. Pura ulun danu dipercaya sebagai tempat bersemayaman dewi sri atau dewi kesububuran.

Pantai Dreamland, Bali

Pantai Dreamland terletak di sebuah daerah bernama pecatu, uluwatu, bali selatan. Pantai dreamland memiliki pasir yang berwarna putih mirip dengan pantai kuta. Namun pantai ini lebih indah karena masih sepi dan tersembunyi. Dikelilingi oleh tebing curam sehingga menambah keindahan pantai, dan ombaknya juga tidak kalah dengan pantai kuta sehingga bisa untuk surfing.

Kuota 50 orang. Ayo kawan-kawan segera daftarkan diri anda, Dijamin gag rugi 😀

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s