Diary of Industrial Visit 2012

Setelah 3 bulan persiapan, akhirnya tibalah hari yang ditunggu-tunggu. Tanggal 4 September 2012, panitia dan peserta dengan didampingi oleh dosen pembimbing Pak Sigit dan Pak Vendy berangkat  meninggalkan Jogja pukul 20.15 setelah diadakan upacara pembukaan singkat. Waktu malam digunakan untuk istirahat sampai ke tempat tujuan pertama di Mojokerto.

Kami sampai Mojokerto pada waktu subuh dan transit di rumah makan B’pass untuk shalat subuh, mandi dan sarapan. Karena waktu kunjungan ke PT.Tjiwi Kimia masih cukup lama, acara pagi itu diisi dengan perkenalan sesama peserta dan keakraban sampai tiba waktu kunjungan.

Pukul 07.15 kami sudah sampai di PT.Tjiwi Kimia dan dikumpulkan di salah satu ruang untuk mendengarkan presentasi tentang selayang pandang PT. Tjiwi Kimia. Kami disuguhi snack dan diantar mengelilingi pabrik dengan naik bus oleh Pak Arif. Kami ditunjukkan mesin terbesar yang dimiliki PT.Tjiwi Kimia serta instalasi pengelolaan limbah. Di instalasi pengelolaan limbah kami diberi penjelasan mengenai limbah pabrik dan pengelolaannya sehingga tidak menimbulkan permasalahan lingkungan. Penjelasan tentang limbah disampaikan oleh Pak Ketut. Acara penutupan dilakukan dengan penyerahan kenang-kenangan dari panitia kepada PT. Tjiwi Kimia. Ternyata dari pihak PT. Tjiwi Kimia juga memberikan bingkisan yang kami terima dengan senang hati.

Selesai kunjungan, kami makan siang sebelum melanjutkan ke lokasi kunjungan berikutnya ke Gresik, yaitu PT. Sumber Mas Indah Plywood. Ketika sampai, kami disambut oleh para staf dan dikumpulkan di ruang pertemuan. Pemilik PT. Sumber Mas Indah Playwood turun tangan sendiri dalam penyambutan dan memberikan presentasi mengenai pabrik. Seperti biasa setelah sesi diskusi, kami diantar mengelilingi pabrik dan diberi penjelasan setiap proses yang dilakukan di pabrik oleh pemilik dan staf PT. SMIP. Dosen pembimbing juga memberikan gambaran umum mengenai kayu lapis.

Perjalanan selanjutnya adalah menuju tempat bermalam yaitu di Perhutani Probolinggo. Pukul 21.00 WIB kami telah sampai dan disambut hangat oleh staf kantor. Kami telah disiapkan makan malam dan tempat istirahat. Pagi harinya kami bersiap untuk kunjungan ke Pabrik Lak yang merupakan anak usaha dari Perhutani Probolinggo. Sebelum berangkat ke pabrik kami diberikan petuah oleh ADM Perhutani Probolinggo, Bapak Ratmanto yang merupakan lulusan Kehutanan UGM.

Setelah sampai pabrik lak kami disambut oleh kepala dan staf pabrik yaitu bagian manajemen kayu dan produksi lak. Setelah sarapan bersama kami dijelaskan mengenai sejarah pabrik lak, proses pembuatan dan diskusi. Selanjutnya kami diajak ke ruang produksi, kami melihat tumpukan stok lak cabang dari Pohon Kesambi. Kami melihat proses perontokan lak dan dijelaskan juga proses pembuatan hingga menjadi lak butiran. Selain menerima lak cabang dari KPH Malang, Blitar dan Probolinggo, perusahaan juga menerima stok kopal untuk dijual. Pehutani bekerja untuk kesejahteraan rakyat, mereka juga membimbing masyarakat untuk terus membudidayakan tanaman kesambi supaya produksi lak terus berkembang.

Setelah memberikan kenang-kenangan dan berfoto bersama kami memohon diri kepada staf Pabrik untuk melanjutkan perjalanan ke Lumajang, yaitu ke PT. Mustika Bahana Jaya. Perjalanan kami dikawal oleh POLHUT Perhutani Probolinggo. Perjalanan kami sejauh 47 km jadi lancar bebas hambatan. Sungguh menyenangkan!

Kami sampai PT. Mustika Bahana Jaya pukul 14.15 dan kami juga telah disambut oleh pemilik dan staf pabrik. Setelah diberi penjelasan kami langsung diajak berkeliling pabrik dan peserta puas bertanya mengenai proses pembuatan panel yang berasal dari kayu karet dan pinus. Kebanyakan produksi ini sesuai permintaan buyer di luar negeri. Bapak Haji adalah sebutan untuk pemilik Perusahaan, beliau juga memiliki banyak jenis produksi dan beberapa kegiatan sosial untuk kesejahteraan masyarakat.

Hari ketiga, 6 September 2012 kami melakukan perjalanan menuju Bali, kami sampai di selat Bali pukul 23.30. Peserta menikmati angin malam di kapal, sebagian istirahat di kursi kapal dan ada pula yang asik berfoto ria. Selanjutnya pukul 06.30 WITA kami sudah transit di rumah makan untuk sarapan dan mandi. Selanjutnya kami menuju Taman Nasional Bali Barat, sempat terjadi kesalahan teknis sehingga kami harus menunggu. Tak lama kemudian kami menuju ke sebuah aula dan diberi penjelasan melalui presentasi mengenai keadaan TNBB. Ternyata presentatornya adalah lulusan kehutanan UGM. Kami juga melihat tempat penangkaran jalak bali di kandang sapihan. TNBB juga melayani warga untuk pembinaan penangkaran jalak. Kami juga diajak ke Labuhan Lalang yang merupakan pelabuhan untuk menuju Pulau Menjangan yaitu tempat wisata bahari, tracking dan wisata alam. Potensi satwa liar di TNBB yaitu Elang Bondol, bangau tongtong, cekakak, kera abu, kera hitam dan rusa. Kunjungan Industri di TNBB ini lebih menjelaskan pada hasil hutan untuk kepentingan ekologis dan industri wisata.

Setelah mampir di suatu toko oleh-oleh dan makan malam, peserta juga refreshing dengan karaoke. Nindi yang merupakan panitia dari sie acara menyayikan 2 lagu dengan merdunya. Tak mau kalah peserta juga ikut melantunkan beberapa lagu beserta menari di panggung. Sayang, dosen pembimbing tidak jadi maju untuk menyanyi, padahal sangat ditunggu-tunggu. Tetapi Pak Vendi juga sempat karaoke di bus. Lalu peserta sampai di villa untuk beristirahat.

Pagi harinya kami menuju toko oleh-oleh di Bali yaitu krisna, karena masih pagi kami pun leluasa untuk memilih barang. Selanjutnya pukul 10.00 WITA kami berwisata ke pantai Tanjung Benoa, disana terdapat banyak permainan air dan jasa penyebrangan ke suatu Pulau yang merupakan tempat penangkaran penyu. Perjalanan selanjutnya adalah ke pantai Dreamland, disana peserta asyik bermain pasir dan air pantai tak peduli sinar matahari menyengat kulit mereka. Hari itu adalah tanggal 8 September 2012, masyarakat Bali sedang merayakan hari raya Kuningan jadi jalan perkotaan sepi dan toko Joger pun tutup, terpaksa kami menuju ke Krisna lagi karena beberapa peserta belum membeli oleh-oleh. Perjalanan Kunjungan Industri dan wisata telah usai, peserta kembali dan sampai di Jogja Hari Minggu, 9 September 2012 dengan selamat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s