“Menuju Industri Menggali Inspirasi”

ImagePada hari kamis 6 juni 2013 Forestech “Bambu Runcing” tahun 2013/2014 mengadakan kunjungan industri ke PT Prima Parquet Indonesia (PPI) yaitu pabrik kayu lapis dan blockboard serta rekreasi ke Tahura Mangkunagoro di karanganyar Jawa Tengah. Kunjungan Industri kali ini di ikuti oleh 50 mahasiswa FKT UGM yang tediri dari angkatan 2011 sebagai panitia dengan ketua Rafael dan beberapa mahasiswa angkatan 2012.

Begitu sampai di tujuan pertama yaitu PT Prima Parquet Indonesia rombongan langsung disambut oleh Manager factory yaitu Bapak Ir.Nurcholis. Selanjutnya rombongan beserta Ibu Rini (Alumni th 92 yang memfasilitasi KI ini) menuju ruang pertemuan untuk pembukaan serta perkenalan. Setelah itu rombongan dipersilahkan untuk berkeliling pabrik yang sangat luas tersebut untuk melihat proses produksi kayu lapis dan blockboard dengan didampingi oleh karyawan pabrik. Saat berkeliling kami tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar maupun video karena alasan kerahasiaan pabrik. Saat berkeliling kami bisa mengetahui bagaimana proses pembuatan kayu lapis atau blockboard. Bahan baku utama yang digunakan PPI adalah kayu sengon yang berasal dari Hutan rakyat dan beberapa kayu meranti. Saat berada di PPI kami melihat proses dari awal bahan baku masuk hingga menjadi produk berupa papan multiply atau sering disebut “triplek” serta blockbard. Produksi di PPI cukup besar dengan karyawan yang mencapai 3000 orang dan sebagian besar produk untuk di ekspor ke luar negeri. Setelah selesai keliling pabrik kami kembali ke ruang pertemuan untuk melakukan diskusi dan tanya jawab. Sesuai dengan tema KI yaitu “Menuju Industri Menggali Inspirasi” kami berdiskusi berkaitan dengan tema tersebut. Setelah melakukan kunjungan ke PPI kami mendapat tambahan ilmu, penagalaman, dan inspirasi untuk memulai berwirausaha sejak usia muda.

Perjalanan selanjutnya yaitu menuju ke Tahura Mangkunagoro I yang berada di dekat Candi Sukuh karanganyar jawa Tengah. Di tempat ini ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan untuk rekreasi, pendidikan, penelitian, dll. Tahura ini memiliki camping ground, berbagai koleksi tanaman, koleksi satwa dan areal untuk out bond.

Advertisements

Techno Break

Tidak afdol rasanya kalau sebagai mahasiswa yang baru saja memasuki minat THH alias Tehnologi Hasil Hutan tidak mengenal bagaimana seluk beluk THH dan berbagai macam laboratorium THH. Karena nantinya juga kita akan berhubungan langsung dengan lab-lab tersebut. Maka dari itu 26 April lalu bertempat di ruang 2.03 pukul 15.30, Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Hutan alias Forestech mengadakan  Techno Break sebagai bentuk perkenalan antara dosen-dosen pengampu THH dengan kami angkatan 2011 beserta segala fasilitas yang dimiliki di THH. Tujuan dari acara ini agar semua mahasiswa/i yang baru saja memasuki minat Teknologi Hutan tidak buta akan inventarisasi yang dimiliki THH serta dapat berbagi pengalaman dengan dosen-dosen pengampu. Acara Techno Break ini juga dihadiri oleh Bp. Joko Sulistyo, Ir. Kasmudjo, M.S, Bp. Widiyanto Dwi Nugroho, Bp. J.P Gentur Sutapa, Dr. Ragil Widyorini, dan juga Mbak Dini sebagai pembicara.

Image

Perkenalan lab-lab THH yang disampaikan para dosen cukup melegakan kami, karena dengan begini seenggaknya sepulang dari Techno Break kami sudah tidak terlalu gaptek lagi kalau ditanya mengenai laboratorium THH. Laboratorium tersebut diantaranya Lab. Struktur & Sifat Kayu, Lab. Penggergajian & Papan Majemuk, Lab. Pengeringan & Pengawetan Kayu, Lab. Hasil Hutan Non Kayu, Lab. Kimia & Serat Kayu, Lab. Energi Biomassa. Jadi buat temen-temen THH yang kemarin nggak dateng Techno Break, yuk boleh cek sendiri secara langsung lab-labnya. Tapi sendiri ya, sendiri 😀 hihi

“Bambu Runcing”ku di Karnaval Hari Bumi

Dalam rangka meramaikan hari bumi 2013 Fakultas Kehutanan UGM mengadakan karnaval hari bumi tepatnya tanggal 4 Mei 2013 lalu. Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk upaya dari kami selaku mahasiswa/i Fakultas Kehutanan UGM khususnya Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Hutan yang peduli pada lingkungan dan bumi sebagai tempat tinggal kita semua. Seperti yang sebelum-sebelumnya, acara dimulai dari jam 8 pagi dengan karnaval yang diikuti seluruh HMM dan BSO FKT ditambah dengan teman-teman dari fakultas lain, seperti Fakultas Farmasi, Fakultas Peternakan dan lainnya.

ImageKarnaval gerak jalan yang dimulai dari Jalan Agro kemudian lanjut ke Jakal dan utara kopma UGM akhirnya transit juga kami di bunderan UGM untuk mendengarkan orasi yang disampaikan temen-temen sebagai perwakilan dari FKT sendiri dan fakultas-fakultas lain yang ikut juga berpartisipasi. Setelah itu disana juga kami disuguhkan penampilan dari KSK (Komunitas Kesenian Kehutanan) yang mengilustrasikan bagaimana kondisi bumi tercinta ini. Dari situ diharapkan agar seluruh temen-temen mahasiswa/i yang ikut berpartisipasi agar dapat menyerap makna yang telah disampaikan dan dapat memperbaiki sikapnya terhadap lingkungan. Nah, di karnaval ini kami dari Forestech “Bambu Runcing” tahun 2013/2014 juga tidak mau ketinggalan aksi. Untuk karnaval kami sudah menyiapkan maskot-maskot Forestech dengan peran pohon-pohon dan topeng-topeng danbo sebagai pelengkap, biar membuat sesuatu yang berbeda dari HMM BSO lain. Seperti yang terlihat di foto ini, hehe.

ImageSelesai dari karnaval, Taman Timur FKT sudah ditata dengan booth-booth dari seluruh HMM BSO yang menjual berbagai macam makanan siap santap serta menampilkan kreasi HMM BSO masing-masing sebagai hiburannya. Dalam booth Forestech kami menyediakan kroket, serabi mini, dan es teh, yang udah pasti seger banget yang pas untuk ngisi setelah capek jalan dalam karnaval. Kegiatan ini sebagai bentuk latihan dari kami dalam berwirausaha. Untuk hiburan yang ditampilkan dari Forestech berupa akustikan dari grup band handal kami, ada Rafael, Opi, Gombong, Nonol  dan Fadhlul yang berhasil membuat sorakan-sorakan dari temen-temen lainnya. Duh duh jiwa artisnya pada keluar nih ya..


Kegiatan dalam rangka Hari Bumi ini selesai sekitar pukul 15.00. Kemudian dilanjutkan dengan membereskan segala perlengkapan yang digunakan dan juga tentunya bersih-bersih. Harapan setelah kegiatan ini, semoga semua yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini masih terus menerapkan kepeduliannya terhadap lingkungan dalam sehari-hari demi kesehatan bumi kita tercinta ini, jangan hanya berhenti sampai selesainya acara ini aja dong, kan malu sebagai Mahasiswa yang berpendidikan tapi cinta lingkungannya musiman, hehe. 

 

Sekilas Tentang Mubes Forestech

Salam Forestech!  22-23 Februari 2013 lalu dari Mubes yang diadain di Gedung Pemuda dan Olahraga Ambarbinangun akhirnya menetaskan pengurus-pengurus Forestech yang baru. Dibela-belain melek sehari semalem nih sambil comot cemilan sana-sini akhirnya Mubes alias Musyawarah Besar Forestech bisa berjalan lancar. Alhamdulillah. Perdebatan di tengah sidang juga semakin memanas, sepanas perut kami yang juga giat menghabiskan cemilan.

FYI, ini nih sekilas tentang kepengurusan Forestech 2013/2014

Ketua                   : Yusuf Setia Darmawan

Sekretaris            : Erlina, Dayu K

Bendahara          : Putri Karunia, Almaratush

Jangker               : Fadhlul R, Rafael, Januar, Annisa P, Arrum, Adhitya W

Techno-inc          : Mashendra, Gita Dwi, Greita, Gulang, dan Kika.

Polah                   : Priyo, Hardi, Gadis, Fatah, Daru.

Kesenian             : Nurina L, Gombong, Febe M, Ikhwan, Nonol

Kewirausahaan   : Anang, Fathi, Anindya H, Reza E, Faris W

Medinfo               : Novita K (Oppi), Tyas, Randu, Gege, Alfian

PSDM                  : Joni, Chiko, Fiyan, Winanda, Waritsa, Jawe