“Menuju Industri Menggali Inspirasi”

on

ImagePada hari kamis 6 juni 2013 Forestech “Bambu Runcing” tahun 2013/2014 mengadakan kunjungan industri ke PT Prima Parquet Indonesia (PPI) yaitu pabrik kayu lapis dan blockboard serta rekreasi ke Tahura Mangkunagoro di karanganyar Jawa Tengah. Kunjungan Industri kali ini di ikuti oleh 50 mahasiswa FKT UGM yang tediri dari angkatan 2011 sebagai panitia dengan ketua Rafael dan beberapa mahasiswa angkatan 2012.

Begitu sampai di tujuan pertama yaitu PT Prima Parquet Indonesia rombongan langsung disambut oleh Manager factory yaitu Bapak Ir.Nurcholis. Selanjutnya rombongan beserta Ibu Rini (Alumni th 92 yang memfasilitasi KI ini) menuju ruang pertemuan untuk pembukaan serta perkenalan. Setelah itu rombongan dipersilahkan untuk berkeliling pabrik yang sangat luas tersebut untuk melihat proses produksi kayu lapis dan blockboard dengan didampingi oleh karyawan pabrik. Saat berkeliling kami tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar maupun video karena alasan kerahasiaan pabrik. Saat berkeliling kami bisa mengetahui bagaimana proses pembuatan kayu lapis atau blockboard. Bahan baku utama yang digunakan PPI adalah kayu sengon yang berasal dari Hutan rakyat dan beberapa kayu meranti. Saat berada di PPI kami melihat proses dari awal bahan baku masuk hingga menjadi produk berupa papan multiply atau sering disebut “triplek” serta blockbard. Produksi di PPI cukup besar dengan karyawan yang mencapai 3000 orang dan sebagian besar produk untuk di ekspor ke luar negeri. Setelah selesai keliling pabrik kami kembali ke ruang pertemuan untuk melakukan diskusi dan tanya jawab. Sesuai dengan tema KI yaitu “Menuju Industri Menggali Inspirasi” kami berdiskusi berkaitan dengan tema tersebut. Setelah melakukan kunjungan ke PPI kami mendapat tambahan ilmu, penagalaman, dan inspirasi untuk memulai berwirausaha sejak usia muda.

Perjalanan selanjutnya yaitu menuju ke Tahura Mangkunagoro I yang berada di dekat Candi Sukuh karanganyar jawa Tengah. Di tempat ini ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan untuk rekreasi, pendidikan, penelitian, dll. Tahura ini memiliki camping ground, berbagai koleksi tanaman, koleksi satwa dan areal untuk out bond.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s